Niki de Saint Phalle Seniman Wanita Perancis

Siapakah Niki de Saint Phalle adalah Seniman Wanita PrancisNiki de Saint Phalle adalah sosok perempuan legendaris asal Prancis yang dikenal sebagai seniman yang cukup fenonemal pada masanya. Niki de Saint Phalle adalah seorang pematung, pelukis, sekaligus pembuat film yang telah menghasilkan banyak karya seni berkelas dunia. Wanita hebat ini dilahirkan di Neuilly-sur-Seine, Hauts-de-Seine, tidak jauh dari Paris, pada tanggal 29 Oktober 1930. Meskipun lahir di Prancis, namun Niki de Saint Phalle tumbuh serta dibesarkan di New York, Amerika Serikat, dan dikenal luas di negeri adidaya tersebut berkat karya-karyanya yang memukau. Salah satu karya Niki de Saint Phalle yang paling melegenda adalah “Shooting Paintings” yang diciptakannya pada era 1960-an. Karya seni ini berupa potongan-potongan kantong plastik dalam bentuk manusia yang ditutup dengan plester putih. Niki de Saint Phalle membentuk karyanya tersebut dengan cara “menembak” potongan-potongan kantong plastik itu dengan cat lukis yang menghasilkan perpaduan warna dan rupa yang indah.

Niki de Saint Phalle juga dikenal berkat karya seni lainnya cukup fenomenal. Ia membuat berbagai macam boneka perempuan dengan beragam ukuran dan karakter, seperti pengantin wanita, ibu melahirkan, bocah perempuan, dan lain sebagainya. Semua boneka perempuan ini dicat putih dan menuai banyak pujian saat dipamerkan di berbagai tempat. Masih banyak karya seni yang tercipta dari tangan dan kreasi seorang Niki de Saint Phalle, baik lukisan, patung, maupun film. Niki de Saint Phalle meninggal dunia pada tanggal 21 Mei 2002 di California, Amerika Serikat. Ia tewas karena menghirup asap beracun di tengah pengerjaan karya seninya.

Biodata Niki de Saint Phalle :

Lahir: 29 Oktober 1930, Neuilly-sur-Seine, Perancis
Meninggal: 21 Mei 2002, San Diego, California, Amerika
Pasangan: Jean Tinguely (m. 1971–1991)
Anak: Laura Duke Condominas, Philip Mathews
Orang tua: Jeanne Jacqueline Harper, André-Marie Fal de Saint Phalle
Pekerjaan : Pelukis, Seniman, Pematung, Pembuat Film

Karya Semasa Hidup :
Membuat buku ilmiah tentang seni lukis diantaranya : Niki de Saint Phalle, Pontus Hultén, ISBN 3-7757-0582-1, Traces: An Autobiography Remembering 1930–1949, Harry & Me. The Family Years, dan banyak lagi.
Membuat karya seni dalam sebuah film, diantaranya : Daddy, 1973, Un rêve plus long que la nuit, 1971, Niki de Saint Phalle: Wer ist das Monster – Du oder ich? (de), 1995.

Niki de Saint Phalle, kelahiran 29 Oktober 1930 di Neuilly-sur-Seine, Hauts-de-Seine, dekat Paris. Ayah Saint Phalle bernama Count André-Marie Fal de Saint Phalle (1906-1967) Dia merupakan seorang karyawan Bank swasta di Prancis, sedangkan Ibunya bernama Jeanne Jacqueline Harper (1908-1980) kelahiran Amerika Serikat. Keluarga Niki hampir semuanya merupakan para seniman yang berbakat termasuk Niki sendiri. Masa remaja Niki de Saint Phalle merupakan seorang model, disaat itu keluarganya hijrah dari Prancis ke Amerika Serikat sekitar tahun 1933, Di Amerika pekerjaan ayah Saint Phalle masih menjadi seorang bankir disebuah bank swasta di Amerika, Saint Phalle pertama kuliah disebuah sekolah modeling Brearley School di New York City yang sangat terkenal pada saat itu, namun Saint Phalle tidak lama mengecap pendidikan seni disana, karena dikeluarkan oleh pihak kampus.

Saint Phalle disaat menginjak usia delapan belas tahun memutuskan untuk kawin lari dengan seorang penulis yang bernama Harry Mathews, mereka berdua tinggal di Cambridge, Massachusetts. Saint Phalle melahirkan putra pertama pada April 1951, yang diberi nama Laura. Kehidupan pernikahan mereka terhitung harmonis apalagi setelah kelahiran putra pertama mereka Laura. Ketika dalam sebuah acara model di Paris, Saint Phalle bertemu dengan seorang seniman pelukis Amerika Hugh Weiss, yang menjadi teman sejatinya, karena Hugh Weiss merupakan orang yang memberikan semangat kepada Saint Phalle supaya meneruskan bakat dalam seninya walaupun secara otodidak.

Saint Phalle melanjutkan kehidupannya dan pindah ke Deia, Majorca, Spanyol. Disana Saint Phalle melahirkan putra keduanya yang diberinama Philip, lahir Mei 1955. Sementara di Spanyol, Saint Phalle membaca karya Proust dan mengunjungi Madrid dan Barcelona, di mana ia menjadi sangat dipengaruhi oleh karya Antonio Gaudí. Pengaruh Gaudí membuka banyak sesuatu yang mustahil sebelumnya untuk Saint Phalle bayangkan dalam melukis, khususnya yang berkaitan dengan penggunaan bahan yang tidak biasa dan benda-benda-trouvés sebagai elemen struktur pada patung dan arsitektur. Saint Phalle secara khusus disambar Gaudí “Taman Güell” yang membujuknya untuk membuat satu hari karya seni berbasis kebun sendiri yang akan menggabungkan kedua elemen artistik dan alami.

Saint Phalle terus melukis, terutama setelah dia dan keluarganya pindah ke Paris pada pertengahan 1950-an. Pameran seni pertamanya diadakan pada tahun 1956 di Swiss, di mana ia menonjolkan karya seninya dengan gaya naif nya pada lukisan cat minyak. Dia kemudian mengambil pekerjaan kolase yang sering menampilkan gambar dari instrumen kekerasan, seperti senjata dan pisau. Pada akhir 1950-an, Saint Phalle sakit hipertiroidism, sehingga ia harus menjalani perawatan dan operasi pada tahun 1958. Sekitar tahun 1960 Ia ditinggal suami tercintanya yang meninggal dunia. Selanjutnya ia menikahi suami kedua yang bernama Tinguely pada tahun 1971. banyak hasil karya yang Ia buat, sampai sekarang masih dikenang semua orang didunia. Hasil karya seni perempuan kelahiran Neuilly-sur-Seine, Hauts-de-Seinev ini sudah tak terhitung jumlahnya. Karya Niki de Saint Phalle paling terkenal adalah “Shooting Paintings” yang dibuat tahun 1960-an.

Hasil karya ini berupa potongan-potongan kantong plastik dalam bentuk manusia yang ditutup dengan plester putih. Niki de Saint Phalle membentuk karyanya tersebut dengan cara “menembak” potongan-potongan kantong plastik itu dengan cat lukis yang menghasilkan perpaduan warna dan rupa yang indah. Sejumlah boneka perempuan dengan berbagai model juga dibuatnya. Ukuran dan karakter boneka ala Niki de Saint Phalle juga beragam seperti boneka pengantin wanita, ibu melahirkan, bocah perempuan, dan lain sebagainya. Semua boneka perempuan ini dicat putih dan menuai banyak pujian saat dipamerkan di berbagai tempat. Masih banyak karya seni yang tercipta dari tangan dan kreasi seorang Niki de Saint Phalle, baik lukisan, patung, maupun film. Niki de Saint Phalle meninggal dunia pada tanggal 21 Mei 2002 di California, Amerika Serikat. Ia tewas karena menghirup asap beracun di tengah pengerjaan karya seninya.