Julius Robert Oppenheimer | Bapak Bom Atom

Biografi Biography Biografia Julius Robert Oppenheimer | Bapak Bom Atom DuniaJulius Robert Oppenheimer yang lahir 22 April 1904 di New York dikenal sebagai ahli fisika dari Amerika Serikat. Oppenheimer merupakan salah satu tokoh Proyek Manhattan selama Perang Dunia II yang bertugas untuk memproduksi bom atom pertama.

Oppenheimer belajar di Harvard Cambridge dan Goettingen. Ia menerima gelar PHD pada 1927 dibimbing Max Born di Gottingen pusat pengembangan mekanika kuantum, dan 2 tahun kemudian membangun sekolah fisika teoretis di Institut Teknologi California dan di Berkeley.

Selama 1930 Oppenheimer banyak menyumbangkan pikiran dalam fisika atom dan nuklir, termasuk pikiran mula mengenai bintang neutron dan lubang hitam yang sudah diabaikan astronom dalam jangka waktu yang lama.

Selama PD II Oppenheimer memimpin program bom atom Amerika Serikat di Los Alamos New Mexico, dan pada 1947 menjadi direktur Institute of Advanced Study di Princeton, New Jersey.

Oppenheimer mendapat banyak musuh setelah perang, karena ia telah mengusulkan pengendalian energi atom internasional dan menentang pembuatan bom hidrogen. Pada 1954 Atomic Energy Commission menyatakannya dia sebagai "orang yang harus diamankan".

Setelah bom atom tersebut dijatuhkan oleh Amerika di Jepang pada tahun 1945 dan membunuh puluhan ribu orang, Oppenheimer menyesali pekerjaannya dan menyerukan agar energi atom digunakan untuk kepentingan damai.

Dia kemudian dipertanyakan kesetiaanya dan kredibilitasnya dan diajukan ke sidang pemeriksaan untuk pejabat tinggi Amerika dan mengakibatkan jabatannya untuk penasehat pemerintah di bidang keamanan dilepas.

Banyak ilmuwan yang merasa tidak puas pada tindakan yang timbul pada saat histeria nasional yang dipimpin senator Joseph Raymond McCarthy yang kemudian dinyatakan salah.

Pada 1963, Komisi Energi Atom akhirnya mengusulkan Oppenheimer menerima Penghargaan Enrico Fermi yang diberikan Presiden Lyndon Baines Johnson. Pada 18 Februari 1967 Oppenheimer meninggal di rumahnya di Princeton, New Jersey pada usia 62 tahun.

Film kisah tentang Oppenheimer menjadi salah satu film yang ramai dibahas dan dinantikan oleh para penikmat sinema. Sosok Oppenheimer sendiri diperankan oleh Cillian Murphy. Karya Christopher Nolan tersebut bertabur bintang Hollywood yang rilis tahun 2023.