Biografi Harry Belafonte | The King of Kalipso

Biografi Biography Biografia Harry Belafonte | Penyanyi King of KalipsoHarold George Belafonte yang lahir 1 Maret 1927 adalah penyanyi Amerika Jamaika yang dijuluki raja musik kalipso. Dia berjasa mempopulerkan musik Karibia kepada publik internasional pada tahun 1950-an.

Belafonte dikenal dengan lagu "Banana Boat Song", terutama lirik "Day-O" yang dinyanyikan berulang-ulang. Belafonte pun telah menerima banyak sekali penghargaan selama karirnya.

Sepanjang karirnya, ia juga aktif dalam gerakan hak-hak sipil dan urusan kemanusiaan. Belafonte adalah pendukung Martin Luther King Junior yang mendapat pengakuan atas aktivisme hak-hak sipilnya.

Belafonte menikah dengan Marguerite Byrd tahun 1948-1957. Mereka punya 2 anak Adrienne dan Shari Belafonte. Pada 8 Maret 1957, Belafonte menikah lagi dengan Julie Robinson hingga 2004 dan punya 2 anak, David dan Gina Belafonte.

Sebagai produser, Belafonte sering menangani album-album dan konser. Belafonte juga membintangi film. Pada tahun 1984, Belafonte memproduksi dan menulis lagu untuk film musikal Beat Street tentang budaya hip-hop.

Pada tahun 2008, Belafonte menikah dengan Pamela Frank. Harry Belafonte meninggal dunia pada 25/4/2023 di usia 96 tahun karena gagal jantung kongestif di rumahnya di New York. Terima kasih.